MUDZAKARAH ULAMA

ومن الناس والدّواب والانعم مختلفٌ الونه كذلك انما يخشى الله من عباده العلماء انّ الله عزيزٌ غفورٌ ـ

Kamis, 12 Juni 2008

Silaturahim dengan Raja Gowa

Pada hari Sabtu 7 Juni 2008 lalu, bertempat di Hotel Kaisar Jalan Kalibata Jakarta Selatan berlangsung pertemuan antara Dewan Perancang-Panitia Pelaksana Mudzakarah Ulama (DP3MU) dengan Raja Gowa, Sulawesi Selatan- Andi Komala Ijo SH. Perbincangan yang berlangsung sekitar pukul 19.00 sampai dengan 21.30 diawali dengan perkenalan rombongan DP3MU oleh Ustadz Dr. Orde Jauhari sebagai wakil Ketua DPMU, lalu dilanjutkan oleh Ketua PPMU, Ustadz Arbani.

Pembicaraan kemudian dilanjutkan oleh Ketua PPMU dengan penyampaian tentang proses yang telah dilalui selama ini sampai terlaksananya Musyawarah Pleno ke 2 DP3MU, Februari 2008 yang telah lalu. Dalam penyampaiannya Ustadz Arbani memfokuskan tentang Hasil Keputusan Pleno tersebut- dimana salah satu poinnya tentang Program Silaturahim ke Kesultanan Nusantara dalam rangka sosialisasi Program Mudzakarah Ulama. Turut disampaikan pula Rencana Musyawarah Kesultanan yang akan difasilitasi oleh Sultan Pagaruyung.

Dalam tanggapannya, Raja Gowa menanyakan apa peran dari Kesultanan dalam rencana Mudzakarah Ulama yang akan datang. Maka dijelaskan oleh Ketua PPMU bahwa, panitia mengharapkan agar Raja Gowa bersedia mensosialisasikan rencana tersebut. Ternyata hal ini disambut hangat oleh Raja Gowa dengan janjinya bahwa akan mengundang para ‘Ulama di Wilayah Kesultanan Gowa untuk sosialisasi tersebut. Disamping itu, mengenai rencana Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu 2010 ternyata juga sudah terdengar oleh beliau sejak 2 tahun yang lalu.

Sebagai penutup pertemuan slaturahim ini, Ketua DPMU Ustadz Muhammad Bardan Kindarto menyampaikan rancangan materi yang akan dibicarakan pada pertemuan dengan Para Sultan senusantara nanti.-

Right-Left : Ust.Dr.Orde Jauhari, Ust. Muhammad Bardan Kindarto,

Raja Gowa (Andi Komala Ijo SH), dan Ust. Arbani