MUDZAKARAH ULAMA

ومن الناس والدّواب والانعم مختلفٌ الونه كذلك انما يخشى الله من عباده العلماء انّ الله عزيزٌ غفورٌ ـ

Rabu, 16 April 2008

Karaton Surakarta Mendukung Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu 2010

Pada pertengahan April 2008, DP3MU mengadakan kunjungan silaturahim ke beberapa ‘ulama di Pulau Jawa dan ke pimpinan Karaton Surakarta Hadiningrat. Utusan DP3MU yang diwakili Ust. Muhammad Bardan Kindarto, Ust. Arbani, dan Ust. Salman Ayang diterima langsung oleh pimpinan Karaton Surakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu Wandansari di Istananya Jalan Balu Wanti Surakarta pada hari Jum-at, 11 April lalu.

Acara silaturahim yang berlangsung sekitar pukul 11.30 sampai jam 12 siang ini berlangsung akrab dan diantara hasilnya adalah pihak Keraton Surakarta mendukung suksesnya Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu yang insyaAllah akan diselenggarakan tahun 2010 nanti. Selain itu bersedia pula untuk menjadi fasilitator dalam acara pertemuan Keraton Se-Nusantara nanti dengan pihak DP3MU. Perjalanan DP3MU ke berbagai keraton dan kesultanan di Rumpun Melayu merupakan bagian dari amanah tugas hasil Musyawarah Pleno ke 2 pada 29-30 maret lalu.

Perlu diketahui bahwa Karaton Surakarta Hadiningrat telah ditetapkan oleh seluruh Keraton dan Kesultanan di Nusantara untuk menjadi sekretariat bersama dan sebagai pusat informasi segala hal berkaitan dengan kegiatan keraton se-nusantara.

Satu hal yang cukup istimewa dalam lingkungan Karaton Surakarta Hadiningrat adalah ketika dilaksanakan jamaah Jum-at di Masjidnya, ternyata masih menerapakan tatacara sunah rasulullah yang telah diajarkan para ulama terdahulu.

Kiranya dengan masih terpeliharanya nilai-nilai Islam dalam lingkungan Kesultanan dan Keraton di Nusantara akan menjadi perekat ummat Islam untuk bersama-sama berupaya menerapkan syariat Islam secara kaffah dan mendunia, sesuai tuntutan Kitabullah sendiri dan tuntunan sunah RasulNya.