MUDZAKARAH ULAMA

ومن الناس والدّواب والانعم مختلفٌ الونه كذلك انما يخشى الله من عباده العلماء انّ الله عزيزٌ غفورٌ ـ

Senin, 23 Maret 2009

Tahapan Menuju Janji Kemenangan Islam



Pada tanggal 17-18 Rabi’ul Ula 1430 H bertepatan 14-15 Maret 2009 M, telah dilaksanakan Musyawarah Pleno ke 4, Dewan Perancang dan Panitia Pelaksana Mudzakarah Ulama (DP3MU). Acara berlangsung sejak pagi hari hingga malam harinya di auditorium Yayasan Amanat Kesejahteraan Umat Islam (AKUIS) Pusat Palembang. Musyawarah ini merupakan agenda rutin tiap semester (6 bulan) sejak tahun 2007 sampai menjelang rencana Mudzakarah Ulama Rumpun Melayu yang insyaAllah pada tahun 2010. Tujuan musyawarah ini antara lain adalah pematangan persiapan menuju perhelatan utama, yaitu mengundang Ulama Serumpun Melayu yang meliputi wilayah Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Filiphina, dan Timor Leste untuk bermudzakarah, membangun kesatuan hati (tansiq) dan kesepakatan kerja. Karena setelah tiada lagi perutusan Rosul, maka pada pundak ulama, Allah melalui rosulNya meletakkan amanah risalah dan amanah seluruh makhluq. Pada lisan dan tangan ulama dapat diumulai langkah perbaikan ummat dan pembelaan terhadap yang benar (haq).

Dalam Musyawarah Pleno ke 4 ini, diikuti bukan saja oleh Ulama yang sudah tergabung dalam DP3MU, tetapi juga dari ulama yang diundang dalam kegiatan sosialisasi. Mereka umumnya para tokoh penggerak ummat dan pembela Islam yang gigih. Diantara peserta yang baru pertama kali hadir adalah Tuan Guru Muhammad Mirza (Jambi), Ustadzah Euis Srimulyati (Bandung), Buya Abdullah Shoefi (Jambi), Syaikh Muhammad Makmun (Pandeglang), Ustadz Sabil Ro’un (Jakarta) dan Syaikh Ahmad Hariadi (Garut), serta masih banyak lagi yang belum sempat kami sebutkan.

Diantara keputusan yang dicapai pada musyawarah pleno kali ini adalah penambahan anggota DP3MU dari peserta yang baru hadir, penambahan perwakilan di beberapa wilayah, serta perencanaan sosialisasi ke wilayah Indonesia Tengah, Timur dan Negara Tetangga dengan beberapa kafilah. Selain itu program-program pokok semakin dikerucutkan. Tanggapan peserta musyawarah umumnya sangat posistif dan optimis serta memberikan evaluasi kinerja DP3MU yang masih belum maksimal. Dukungan peserta sangat disyukuri bersama, dengan ditandai kesedian untuk terlibat secara aktif mempola program ini serta membantu dengan pengorbanan hartanya.

Mudah-mudahan apa yang diputuskan dalam musyawarah kali ini akan membawa dampak positif khususnya bagi ummat Islam. Terutama yang diharapkan adalah ridho dan pertolongan dari Allah. Harapan kita adalah kiranya segenap Ummat Islam dapat menyambut secara positif dan mendukung dengan pengorbanan harta dan jiwanya terhadap program menyambut janji kejayaan Islam dari Allah Subhanuwata’ala (Qs.9:33, 59:2, 33:27 dan HR.Muslim, Ahmad). Kiranya Allah mengabulkan harapan ini dan mencatat kita sebagai saksi atau syuhada (Qs.3:53) akan tegaknya Hukum Allah di seluruh penjuru bumi, insyaAllah. (Bid.Data&Publikasi PPMU)

sumber : www.al-ulama.net

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda