MUDZAKARAH ULAMA

ومن الناس والدّواب والانعم مختلفٌ الونه كذلك انما يخشى الله من عباده العلماء انّ الله عزيزٌ غفورٌ ـ

Selasa, 23 September 2008

Laporan Kunjungan DP3MU ke Sumatera Utara

Sebelum terselenggaranya Musyawarah Pleno yang ketiga DP3MU, panitia beserta Dewan Perancang melaksanakan kunjungan dalam rangka sosialisasi ke Propinsi Sumatera Utara. Materi sosialisasi adalah Program Mudzakarah Ulama Serumpun Melayu yang direncanakan insyaAllah pada tahun 2010 nanti. Disana rombongan DP3MU dijadwalkan akan mengadakan sosialisasi ke berbagai elemen, antara lain : Kesultanan Deli, MUI Sumatera Utara, Pesantren Ibadurrahman di Binjai, dan Forum Ummat Islam.


Suasana Silaturahim di Kantor MUI Sumatera Utara

Rombongan berangkat dari kota Palembang tepatnya dari yayasan AKUIS pada hari Ahad, tanggal 13 Juli 2008 jam 14.00 WIB dan sampai di Masjid Raya Kesulthanan MAIMUN tepat jam 05.00 WIB pada hari Selasa tanggal 15 Juli 2008. Kami dijemput oleh seorang ikhwan yang ada disana yaitu Ustadz Timsar Zubil.

Pada hari pertama setelah beristirahat sejenak di rumah beliau (Ust Timsar), kami (DP3MU) bersama beliau pada jam 10.00 berangkat ke Istana Maimun untuk menemui Perangkat Kesultanan Deli dan diterima oleh staf Kesultanan Deli, yakni Sultan AGA. Dari perbincangan dengan staf Kesultanan Deli tersebut, maka mereka menyatakan siap sedia bersama panita untuk munsukseskan program Mudzakarah Ulama Rumpun Melayu yang akan digelar oleh DP3MU pada tahun 2010 Insya Allah. Setelah bertemu dengan rombongan kesultanan Deli rombongan DP3MU hari beristirahat di rumah seorang ikhwan yang ada di kota Medan. Karena jadwal untuk hari Selasa hanya ada agenda tunggal itu saja.



Pada hari Rabu, tanggal 16 Juli 2008 pukul 14.00 wib kami diagendakan bertemu dengan MUI Sumatera Utara. Kami beserta Ustadz Timsar,Ustadz Qomar dan salah seorang rekan dari Forum Ummat Islam berangkat bersama menuju ke kantor MUI Sumatera Utara. Disana kami disambut dengan hangat oleh para Ulama Sumatera Utara yang tergabung di bawah organisasi MUI (Majelis Ulama Indonesia).



Dalam pertemuan tersebut kami dari rombongan panitia banyak mendapat bekalan dan masukan dari para ulama Sumatera Utara. Kemudian setelah itu kami langsung bertolak ke kota Binjai, sebuah kota di Sumatera Utara yang terkenal dengan buah rambutannya yang sangat manis. Di sana kami menemui Ustadz Mukhlis, pimpinan Pondok Pesantren Ibadurrahman Binjai. Sambutan yang hangat sore hari itu membuat rasa letih yang ada pada kami serta merta hilang. Setelah sholat maghrib berjamaah kami makan malam bersama dan berbincang-bincang mengenai program untuk tahun 2010. Alhamdulillah dari pernyataan Ustadz Mukhlis, beliau Insya Allah akan ikut mendukung terselenggaranya Mudzakarah Ulama tersebut. Sekitar pukul 21.00 wib kamipun mengakhiri kunjungan ke Pesantren Ibadurrahman tersebut.



Pada esok harinya Kamis, 17 Juli 2008 kami mengadakan kunjungan ke Forum Ummat Islam. Acara pertemuan ini diselenggarakan di gedung Dewan Da’wah Islam Indonesia Sumatera Utara. Dan perlu diketahui bahwa ketua Forum Ummat Islam Sumatera Utara adalah Ustadz Timsar Zubil. Dalam pertemuan tersebut terjadi dialog yang cukup hangat dan rekan-rekan dari Forum Ummat Islam Sumatera Utara menyambut baik Mudzakarah Ulama Rumpun Melayu dan mereka akan ikut bersama panitia dalam pelaksanaan Mudzakarah Ulama nanti. Ba’da dzuhur acara sosialisai pun selesai. Atas rencana dari seksi transportasi kami langsung pulang ke Palembang hari itu juga setelah sempat kami mampir si rumah salah seorang saudara dari bendahara panitia Ustadz Salman Ayang Al Parisi. Dan pada hari sabtu jam 24.00 kami pun tiba kembali di yayasan AKUIS. (TJ)